CARI JUAL CARI SEWA

Berapa Komisi Agen Properti?

4 Desember 2022 / Oleh : Admin / Kat : Peraturan /

Banyak yang bilang kalau agen properti bisa mendapatkan uang berlimpah ketika berhasil memasarkan properti yang dijual. Seperti apa sih ketentuan resminya?

Faktanya, komisi penjualan rumah dan komisi sewa rumah untuk agen properti sudah diatur dalam kebijakan pemerintah

Besaran komisi yang diberikan kepada agen properti telah diatur oleh pemerintah dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No.51/M-DAG/PER/7/2017 tentang Perusahaan Perantara Perdagangan Properti. Lebih jelasnya, berikut pasal dari peraturan tersebut yang menyebutkan soal komisi agen properti:

Butir 1 Pasal 12 Permendag No.51/2017:
“P4 (Perusahaan Perantara Perdagangan Properti) berhak menerima imbal jasa berupa komisi dari Pengguna Jasa atas jasa yang diberikan.”

Butir 2 Pasal 12 Permendag No.51/2017:
“Dalam hal P4 melaksanakan jasa jual beli sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 huruf a, P4 berhak menerima komisi yang besarnya paling sedikit 2% dan paling banyak 5% dari nilai transaksi dan disesuaikan dengan lingkup jasa yang diberikan kepada Pengguna Jasa.”

Butir 3 Pasal 12 Permendag No. 51/2017 yang berbunyi:
“Dalam hal P4 melaksanakan jasa sewa-menyewa properti sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 huruf b, P4 berhak menerima komisi dari Pengguna Jasa paling sedikit 5% dan paling banyak 8% dari nilai transaksi.”

Download dokumen resmi Permendag No. 51/2017 disini